Kamis, 01 Januari 2015

ANALISIS MENGENAI BUKU SENI TARI TERHADAP KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN



ANALISIS MENGENAI BUKU SENI TARI TERHADAP KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

Pada mata pelajaran seni budaya (khususnya seni tari) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.      Memahami konsep dan pentingnya seni budaya
2.      Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya
3.      Menampilkan kreatifitas melalui seni budaya
4.      Menampilkan peran serta dalam seni budaya dalam tingkat lokal, regional, maupun global
Ruang lingkup yang terdapat pada mata pelajaran seni tari mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran Seni Tari pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah sebagai berikut:
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.  Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
1.2       Memeragakan tari tunggal daerah setempat
4.  Mengekspresikan diri melalui karya seni   tari
1.2 Memeragakan tari tunggal dan       berpasangan / kelompok daerah setempat








                                                                                             

1.      Analisis Standar Kompetensi 1
Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Standar Kompetensi mata pelajaran seni tari yang pertama adalah Mengapresiasi karya seni tari. Materi pada buku Seni Tari terbitan Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional sudah sesuai dengan Standar Kompetensi tersebut.
Isi pada Bab I dan Bab III adalah pengidentifikasian jenis dan bentuk tari tunggal dan berpasangan serta keunikan bentuk tari tunggal dan berpasangan daerah. Dalam proses pembelajaran, materi tersebut diberikan dengan tujuan :
1.      Siswa mampu menunjukkan jenis dan bentuk tari tunggal/berpasangan daerah setempat
2.      Siswa mampu mengapresiasi keunikan tari tunggal/berpasangan daerah
Kedua tujuan tersebut sudah mencakup Kompetensi Dasar pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yaitu:
1.      Mengidentifikasi jenis karya seni tari tunggal/berpasangan daerah setempat
2.      Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari tunggal/berpasangan daerah setempat
Dalam Bab I, dijelaskan jenis tari yaitu tari tradisional yang meliputi tari primitif dan tari klasik serta tari kreasi baru. Selain itu juga didefinisikan beberapa contoh tarian tunggal antara lain Tari Kebyar Duduk, Tari Klana Topeng dan Tari Merak. Sedangkan pada Bab III dijelaskan hal-hal yang perlu dperhatikan dalam tari berpasangan dan beberapa gambar dan pendefinisian contoh tari berpasangan seperti tari jaipongan; tari maengket; dan tari oleg tambulilingan.




2.      Analisis Standar Kompetensi II

Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Standar Kompetensi mata pelajaran seni tari yang kedua adalah Mengespresikan diri melalui karya seni tari. Hal ini sesuai dengan point pada buku Seni Tari yaitu pengeksplorasian tari tunggal. Jadi siswa diajar menari salah satu tarian daerahnya. Siswa diajak mengapresiasi seni tari melalui praktek.
Tujuan pembelajaran dalam buku tersebut adalah:
1.      Siswa mampu melakukan eksplorasi pola lantai gerak tari tunggal/berpasangan daerah
2.      Siswa mampu memperagakan karya tari daerah
Kedua tujuan tersebut sesuai dengan Kompetensi Dasar mata pelajaran seni tari pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, yaitu:
1.      Mengeksplorasi pola lantai gerak tari tunggal/berpasangan daerah setempat
2.      Memeragakan tari tunggal/berpasangan daerah setempat
Pada Bab IV dijelaskan pendefinisian ruang untuk menari, jumlah penari, gerak tari dan keindahan bentuk pola lantai. Dalam buku tersebut terdapat pendiskripsian tari melalui tulisan dan gambar sehingga mudah dipahami oleh siswa.
Pada dasarnya materi yang ada sudah sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kini hanya bergantung pada cara guru menyampaikan materi pada siswanya sehingga materi bisa mudah dipahami. Hal ini akan sulit dicapai bila guru tidak kreatif dalam menyampaikan materi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar